“Mari Menonton” Setiap Hari Sabtu

tmn.bdya ygy

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) bekerjasama dengan Kinoki menggelar kegiatan Pemutaran Film Sepanjang Tahun (PFST) yang dituangkan dalam sebuah program yaitu “Mari Menonton!”.

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan mulai 4 April di Gedung Societet TBY setiap hari Sabtu selama bulan April 2009. Nantinya, dalam sehari akan diputar sejumlah film masing-masing pada pukul 10.00, 16.00, dan 19.30 WIB.

Pada jam pertama yakni pukul 10.00 WIB, akan diputar film khusus “Sinema Anak” bagi anak-anak yang nantinya akan bekerjasama dengan instansi pendidikan terkait serta Dinas Pendidikan yang ada di DIY.

Selain dari jenis “Sinema Anak”, sejumlah genre lain seperti “Jendela Dunia” bagi mereka yang berusia 15 tahun ke atas, film dari “Cinema Politika Indonesia”, dan dari jenis lain akan mewarnai “Mari Menonton!” 2009.

“Mari Menonton!” sendiri adalah program tahunan Kinoki yang telah berlangsung sejak 2007 dengan sistem rekanan guna menyatukan segenap lini yang ada dalam lingkup komunitas dan industri film.

“Kegiatan ‘Mari Menonton!’ ini merupakan kerjasama TBY dengan Kinoki dalam rangka memfasilitasi komunitas film yang ada di Yogyakarta,” kata Direktur TBY, Dyan Anggraini Rais di Perpustakaan TBY, Kamis (02/04).

Di samping untuk menghidupkan dan mengembangkan industri film, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kesadaran publik akan nilai yang terkandung dalam sebuah karya seni yang dinamakan film.

Tak hanya itu, “Mari Menonton!” juga bertujuan untuk menampung isu yagn sedang berkembang di kalangan komunitas film dan industri film. Oleh sebab itu, kegiatan ini juga melibatkan pembuat, distributor, dan eksibitor, penikmat, hingga kritikus film.

“Kegiatan ini selain untuk menjembatani komunitas film juga untuk mendidik penikmat film akan pesan yang ada dalam setiap film,” kata Pendiri dan Penganggungjawab Kinoki, Elida Tamalagi.

Pada pelaksanaannya nanti, penonton harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu khusus untuk film Indonesia dari berbagai genre dengan durasi minimal 60 menit. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung proses pengemabangan film indie.

Selain kegiatan menonton sejumlah film dari berbagai genre, “Mari Menonton!” tahun ini juga akan diisi dengan workshop, loka karya, dan diskusi seputar permasalah film baik teknis maupun non teknis.

Ditulis ulang oleh : _awiiier

4 Responses to ““Mari Menonton” Setiap Hari Sabtu”


  1. 1 Rinie April 7, 2009 at 4:55 pm

    * wuii keren iaaa…^^

    * dsini mah nda ado yang kaya begini… hhehehe

    * nanti rinie perintis na, hahhahaha

  2. 3 angga May 9, 2009 at 12:50 pm

    wah.. pengen nonton.. tapi di sini (banjarmasin) gak ada…

  3. 4 cupu May 11, 2009 at 3:53 am

    pemerintahnya …kratif ^_^
    di tempat ku gak ada yan kayak gini …😦


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: