Agenda Seni & Budaya Di Yogyakarta (edisi Juli s/d Agustus 2009)

16 – 18 Juli 2009
14th Yogyakarta Gamelan Festival 2009

awier

Gamelan saat ini gamelan telah merambah di 33 negara/wilayah: Argentina, Australia, Austria, Belgium, Canada, China, Columbia, Cezch, Finland, France, Germany, Ireland, Israel, Italy, Japan, Korea, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Palestine, Philippines, Poland, Russia, Singapore, Spain, Suriname, Swiss, Taiwan, Thailand, UK/Inggris, USA dan Indonesia

________________________________________________________________________________________________________________

12 Juli 2009 – 5 Agustus 2009
Pameran Komik ‘The Trails of the Midnight.Bunny’

Pameran oleh Ariela Kristantina ini akan dibuka pada Minggu, 12 Juli 2009 pukul 19.30 WIB di Ruang Pamer KKF, dan akan berlangsung hingga 5 Agustus 2009.

Seperti halnya realis adalah salah satu genre dalam seni lukis, manga juga merupakan salah satu aliran dalam komik. Beriringan dengan itu, dan karena tidak ada yang menyebutkan ‘pameran realis’; maka ini adalah pameran komik, bukan pameran manga. Pameran ini bukannya memamerkan banyak komik; tetapi keseluruhan isi pameran ini adalah sebuah komik.

________________________________________________________________________________________________________________

30 Juni 2009 – 14 Juli 2009
Pameran Seni Rupa ‘2×3’ di Kersan Art Studio

Kersan Art Studio akan menggelar pameran seni rupa ‘2×3’ yang dibuka pada Selasa, 30 Juni 2009 pukul 19.30 WIB di Kersan Art Studio, Dusun II Kersan No 154, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul Yogyakarta.

Pameran bersama oleh Budi Kurniawan, Raprika Angga, Rosit Mulyadi, Nue Prastowo, Cosmas A. K, Harun, dan M. A Kurniawan ini akan dibuka oleh Nana Tedja, dan akan berlangsung hingga 14 Juli mendatang.

Pameran ‘2×3’ ini mengangkat tersebut untuk menyimbolkan sebuah ruangan kamar yang meruakan suatu tempat tertutup dengan langi-langit di suatu rumah atau bangunan lain. Suatu ruangan dapat memiliki sejumlah pintu dan jendela yang mengatur cahaya, aliran udara, dan akses ke ruangan tersebut.

Dalam berbagai hal, ruangan 2×3 tersebut merupakan ruang pribadi (hati, pikiran) melakukan proses pengendapan terhadapa setiap persoalan atau suatu konflik dunia luar (eksternal) dan dunia dalam (internal) yang seringkali menteror mental maupun pikiran seniman.

Komikusnya adalah Ariela Kristantina; yang lebih dikenal dengan nama pena Rie, dalam ranah komik Indonesia. Rie, dan beberapa orang temannya yang tergabung dalam kelompok 7 Blue Artland, mempunyai sebuah majalah komik 4 bulanan bernama Splash. Majalah yang dengan mudahnya bisa Anda temukan di toko buku (seperti Gramedia) ini mereka terbitkan dan distribusikan secara mandiri. Kesukaan akan komik, dan pilihan gaya manga, ditekuni Rie semenjak SMA.

________________________________________________________________________________________________________________

5 – 12 Juli 2009
Pameran Tunggal Bayu Widodo ‘Memories on Print’

Bayu Widodo akan menggelar pameran pada 5 – 12 Juli 2009 di Roommate Visual Art Curatorial Lab. Jl. Suryodiningratan 37 B, Yogyakarta. Pameran ini merupakan hasil residensi di Studio Megalo, Canberra, Australia.

Pameran ini nanti akan diisi dengan workshop sablon, dan tatto pada Kamis, 9 Juli 2009 pukul 10.00 – 17.00 WIB dan artist talk (pengalaman proses residensi) di Studio Megalo, Canberra, Australia pada Jumat, 10 Juli 2009 pukul 15.00 WIB.

________________________________________________________________________________________________________________

4 – 31 Juli 2009
Pameran Seni Rupa ‘Still Crazy After All These Years’ oleh Agus Suwage

Pameran tunggal Agus Suwage ini akan dibuka pada Sabtu, 4 Juli 2008 pukul 19.30 WIB, dan akan berlangsung hingga 31 Juli 2009 mendatang di Gedung Utama Jogja National Museum (JNM) lantai 1-3.

Pameran berjudul ‘Still Crazy After All These Years’ merupakan pameran yang menghadirkan karya terpilih Agus Suwage sejak 1985-2009 yang berjumlah sekitar 99 karya yang terdiri dari drawing, lukisan, instalasi dll.

________________________________________________________________________________________________________________

3 – 30 Juli 2009
Pameran Empat Perupa Filipina ‘Sa Langit Mong Bughaw (Di Bawah Langit Birumu)

Pameran oleh empat perupa Filipina yakni Ambie Abano, Christina Quisumbing Ramilo, Pardo de Leon dan Popo San Pascual ini akan dibuka pada Jumat, 3 Juli 2009 pukul 19.30 WIB di Tembi Contemporary.

Pameran yang akan berlangsung hingga 30 Juli 2009 ini akan dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta Soeprapto Soedjono, dan rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar Austria, Duta Besar Australia, Duta Besar Canada, dan Duta Besar Mexico.

0 Responses to “Agenda Seni & Budaya Di Yogyakarta (edisi Juli s/d Agustus 2009)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: